Sunday, May 5, 2013

Desa Sepande Pusat Penghasil Tempe dan Tahu di Sidoarjo


Desa sepande merupakan desa yang berada di sebelah barat dari bundaran air mancur Sidokare Asri. Banyaknya masyarakat yang bekerja sebagai pengusaha dan pembuat tempe di Desa Sepande,kecamatan Candi,Sidoarjo menyebabkan desa Sepande diberi julukan sebagai desa penghasil tempe dan tahu.Alhasil,banyak masyarakat Sidoarjo yang mengenal desa Sepande sebagai desa penghasil tempe dan tahu di Sidoarjo.

Jika anda memasuki desa Sepande anda akan di sambut dengan pohon beringin rindang yang merupakan ciri khas jika anda memasuki desa sepande.Sejauh mata memandang, terlihat rumah-rumah warga yang berjejer rapi sedang melakukan aktivitas pengolahan kedelai menjadi tempe dan tahu. Dari informasi yang kami terima ,pembuatan tempe dan tahu di desa sepande masih bersifat tradisional yang proses pengolahanya menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakar dalam pembuatanya,yang menyebabkan tempe dan tahu dari sepande memiliki rasa yang sedap.

Dari pendapat yusuf warga desa sepande ” iya,ini sejak dulu sebagai desa penghasil tempe karena banyak penduduk yang usaha sebagai penghasil tempe.Banyak pedagang pedagang dari pasar larangan yang mengambil tempe dan tahu dari desa sepande untuk di jual”.Dengan adanya desa desa yang menjadi kawasan industri rumahan seperti desa Sepande,di harapkan ekonomi masyarakat di Sidoarjo dapat semakin berkembang dengan baik.

Sumber : sidoarjopos.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts