Monday, March 30, 2015

Trans Sidoarjo


Foto halte / shelter
Sumber surabaya.tribunnews.com

Bus Damri AC jurusan Porong-Bungurasih akan lewat tol untuk menghindari rebutan penumpang dengan angkutan lain yang juga jurusan Bungurasih. Bus yang melayani rute 28 Km itu tersedia 30 unit dan setiap 10 menit bus melintas.

Penyediaan bus ini juga untuk mengurangi padatnya arus lalu lintas di jalanan. Tujuannya agar masyarakat memilih angkutan umum daripada membawa kendaraan pribadi dan angkutan ini bisa menjadi angkutan alternatif.

Bus ini memiliki pintu satu di bagian tengah dengan lebar lebih dari 1 meter untuk turun dan naik. Pintu ini menggunakan sistem hidrolis yang dikendalikan oleh sopir sehingga pintu tersebut bisa dibuka saat bus benar-benar berhenti di shelter.

Mulai April ini, Damri membuka rute Porong-Bungurasih lewat jalan tol. Armada bus yang disiapkan untuk melayani rute sejauh 28 Km itu jumlahnya 30 unit dan setiap 10 menit bus melintas.

Sebagai persiapan pembukaan jalur, sudah terbangun 30 shelter di Sidoarjo. Mulai Jl Pahlawan-Candi-Tanggulangin dan Porong. Shelter itu berbeda dengan halte bus kota pada umumnya.

Sarana transportasi umum yang telah disiapkan oleh Dishub Kabupaten Sidoarjo adalah 30 bus dengan kapasitas 55 tempat duduk dan 30 orang berdiri untuk jurusan Terminal Porong menuju Terminal Purabaya Waru.

30 bus yang akan beroperasi sekitar bulan Mei 2015 nanti, merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat.

Untuk menunjang pengoperasian 30 bus tersebut, Dishub Kabupaten Sidoarjo telah melakukan persiapan dengan membangun 14 halte di sepanjang rute yang akan dilalui oleh bus-bus tersebut.

Posisi shelter lebih tinggi untuk menyamakan bus agar penumpang tidak perlu loncat baik saat naik atau turun.

Bus itu kondisinya baru dan bermerek. Bahkan bentuk bus berbeda dengan bus pada umumnya, bentuk deknya lebih tinggi sekitar 1 meter dari bus biasa.

Bus itu melayani penumpang setiap 10 menit sehingga tidak terlalu lama menunggu. Penumpang yang akan menggunakan jasa bus tersebut tidak bisa sembarangan naik atau turun.

Sebagai antisipasi mencegah kemacetan yang mulai terjadi di jalan-jalan raya di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sidoarjo telah menyiapkan sarana transportasi umum.

Dengan pengoperasian bus-bus itu, masyarakat akan beralih dari penggunaan kendaraan pribadi yang menyumbang kemacetan di jalan-jalan raya Kabupaten Sidoarjo kepada penggunaan transportasi umum.

Karena bus-bus tersebut akan dilengkapi dengan air conditioner (AC) sehingga selama dalam perjalanan, penumpang merasa nyaman karena udaranya sejuk dan tidak gerah maupun panas.

Rencananya 30 bus itu akan beroperasi mulai pukul 5.30 WIB dengan rute Terminal Porong-Jalan Raya Porong-Jalan Raya Tanggulangin-Jalan Raya Candi-Jalan Sunandar P.S.-Jalan Diponegoro-Jalan Pahlawan – Tol Sidoarjo-keluar Tol Waru-Terminal Purabaya.

Sumber :
http://www.beritasidoarjo.com/?p=6570
http://dprd-sidoarjokab.go.id/bus-jurusan-porong-purabaya-akan-beroperasi-mei-tahun-ini.html
http://surabaya.tribunnews.com/2015/03/31/mari-ketahui-etika-naik-bus-damri-ac-porong-bungurasih
http://surabaya.tribunnews.com/2015/03/31/mantap-ada-bus-damri-ac-rute-porong-bungurasih-hanya-rp-5000

3 comments:

  1. kalo Rute dari Kampus UMSIDA (candi) ke Perum Pondok jati, dan sebaliknya..
    Apa bisa naik bis ini?
    Lalu jam Malam nya sampek jam berapa ?
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengoperasian Trans Sidoarjo sempat ditunda, semoga kedepan permasalahannya dapat selesai dengan segera

      Delete
  2. Saya dri pasuruan mau ke umsida gmna rute naik bus nya .. Turun mana

    ReplyDelete

Related Posts