Friday, March 3, 2023

Tempat Wisata di Sidoarjo yang Paling Banyak Dikunjungi

Ini Tempat-Tempat Wisata di Sidoarjo yang Paling Banyak Dikunjungi

2 Maret 2023

Jumlah kunjungan wisata di Kota Delta Sidoarjo pada 2022 membaik. Yakni, mencapai 1.068.205 orang. Angka itu naik dibandingkan 2021, yang sebanyak 1.045.825. Wisatawan domestik mendominasi. 

Namun, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) juga lumayan. Angka jutaan wisatawan itu mendatangi beberapa destinasi wisata. Mulai wisata sejarah seperti candi, wisata alam dan konservasi, kampung kuliner, wisata belanja Kampung Jetis dan Intako, serta wisata religi seperti Makam Mbah Ud hingga makam Dewi Ayu Sekardadu. 

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sidoarjo, jumlah kunjungan wisata paling banyak ada di Wisata Bahari Tlocor. Dalam setahun, ada 108.599 orang yang datang ke lokasi tersebut. Lalu, kunjungan ke Museum Mpu Tantular juga cukup banyak, yakni 36.250 orang. Begitu juga dengan kolam pemancingan ikan Delta Fishing, jumlahnya 20.482 orang. 

Dari total jumlah kunjungan tersebut, ada sebanyak 1.059.723 wisatawan domestik. Sedangkan wisman 8.482 orang. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Pemkab Sidoaejro Djoko Supriyadi mengaku, tahun lalu kunjungan wisata ke Wisata Bahari Tlocor cukup banyak. 

Pada tahun ini, tidak ada rencana untuk pengembangan signifikan di lokasi tersebut. “Tapi, akan kami bangun Tourist Information Center (TIC),” katanya seperti dilansir Jawa Pos Radar Sidoarjo (2/3). 

Djoko menjelaskan, pembangunan pusat informasi itu bertujuan memberikan informasi kepada wisatawan lokal serta wisatawan dari luar daerah. Sebelum menuju tempat wisata, para pengunjung bisa mampir ke Tourist Information Center dulu untuk mendapatkan petunjuk informasi tentang Wisata Bahari Tlocor. 

TIC juga berisi informasi tentang objek wisata lain yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Menurut Djoko, hal itu akan memudahkan wisatawan untuk melakukan kunjungan ke tempat-tempat wisata lainnya.


Sumber:

https://www.jawapos.com/surabaya/02/03/2023/ini-tempat-tempat-wisata-di-sidoarjo-yang-paling-banyak-dikunjungi/

No comments:

Post a Comment

Related Posts