Sunday, January 8, 2023

Tugu Babalayar

Desain “Hikayat Sang Delta” Jawara Sayembara Tugu Babalayar

Desain Tugu Babalayar hasil sayembara akhirnya diumumkan. Pemenangnya yakni desain “Hikayat Sang Delta” jadi jawara dalam sayembara itu.

Awalnya, dari sejumlah desain yang masuk, tim juri dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) kepincut pada 3 desain. Yakni desain berjudul, Hikayat Sang Delta, Sinergi Warisan Ganda, dan Tugu Babalayar Babadan Babalayar.

Ketiganya memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Pada Hikayat Sang Delta, desainer menonjolkan dua bangunan metafora haluan perahu dengan kombinasi siluet berbentuk candi. Sementara Sinergi Warisan Ganda menonjolkan bangunan tugu yang menjulang tinggi. Lalu pada desain Tugu Babalayar Babadan Babalayar kental dengan kombinasi warna putih dan abu abu muda.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo Bahrul Amig mengungkapkan, tim juri kemudian memberikan poin atau nilai terhadap sejumlah desain itu. Setelah dijumlah, desan Hikayat Sang Delta mendapat poin terbanyak. “Total poinnya 270,” katanya.

Sementara untuk Babadan Babalayar ada di urutan kedua dengan poin 265. Dan Sinergi Warisan Ganda ada di urutan ketiga dengan poin 250. Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor menegaskan, untuk penentuan pemenang final memang ada di tangan para dewan juri. “Bupati tidak ikut campur,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam sayembara itu pihaknya hanya menitipkan terkait variabel culture Sidoarjo yang harus ada dalam desain. Kemudian juga pertimbangan estetika. Setelah itu, tim juri yang menerjemahkan dan menseleksi dari sejumlah desain masyarakat.

Setelah desain terpilih, maka akan masuk ke tahap lelang dan pembangunan. Diharapkan tugu yang akan dibangun itu semakin mempercantik Sidoarjo dan menjadi ikon baru.


Sumber :

https://radarsidoarjo.jawapos.com/kota-delta/03/06/2022/desain-hikayat-sang-delta-jawara-sayembara-tugu-babalayar/

No comments:

Post a Comment

Related Posts