Sunday, February 10, 2019

Rumput Laut Sidoarjo Luar Biasa

Menteri Susi: Keberhasilan Pembudidaya Rumput Laut Sidoarjo Luar Biasa

9 Feb 2019 - 22:04


Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengapresiasi budi daya rumput laut yang dilakukan oleh warga Dusun Tanjungsari, Desa Kupang, Sidoarjo, Jawa Timur.

“Keberhasilan para petani rumput laut itu sangat luar biasa. Karena dengan rumput laut tersebut, sebanyak 300 kepala keluarga yang tinggal di pinggiran Sidoarjo ini sudah mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari bahkan mampu membeli kendaraan lebih dari satu,” katanya di Sidoarjo, Jatim, Sabtu.

Ia mengatakan, petani rumput laut di daerah tersebut setiap bulannya mampu menghasilkan 600 ton. Sebagai bentuk apresiasi pihaknya akan memberikan bantuan langsung umum kepada petani supaya mereka bisa terus berkembang.

Selain rumput laut warga di dusun ini juga membudidaya ikan, udang dan kepiting. Melihat lokasi seperti ini, dirinya sangat tersentuh dan bahagia karena ada masyarakat yang berusaha mandiri bahkan berhasil hidup mandiri.

“Melihat seperti ini pihak pemerintah akan membantu tol laut, nantinya juga akan membantu melakukan pemasaran seperti ekspor,” ujarnya.

Menurutnya, semangat kerja masyarakat di Sidoarjo perlu diapresiasi karena tidak putus asa meski infrastrukturnya tidak mendukung. Selain itu, karena ada masyarakat dengan kemampuannya tersendiri mampu melakukan sesuatu yang berkelanjutan serta tidak merusak alam.

“Untuk infrastrukturnya akan kami bantu untuk disampaikan ke Kementerian Pekerjaan Umum. Karena, infrastruktur itu salah satu pendukung masyarakat petani rumput laut agar bisa lebih maju dan mampu ekspor sendiri,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya akan memberikan bantuan kepada para petani rumput laut dan juga masyarakat setempat yang menjadi pengepul.

“Untuk sementara petani atau pekerja budi daya rumput laut akan diberikan pinjaman Rp10 juta, sedangkan pengepul diberikan Rp50 juta. dengan bunga yang lunak sebesar 3 persen,” katanya.


Sumber :
https://www.cendananews.com/2019/02/menteri-susi-keberhasilan-pembudidaya-rumput-laut-sidoarjo-luar-biasa.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts