Tuesday, March 10, 2015

Tol Krian-Legundi-Bunder


Dibangun Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder untuk Atasi Kemacetan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur berencana membangun jalan tol di ruas jalan Krian-Legundi-Bunder. Pembangunan itu dilakukan, karena sebagai jalan provinsi Krian-Legundi-Bunder sudah overload.

Keberadaan jalan tol itu sangat diperlukan, terutama di ruas persimpangan Krian-By Pass dan Krian wilayah Kabupaten Sidoarjo - Legundi wilayah Kabupaten Gresik. Di jalan tersebut setiap harinya tidak bisa lepas dari kemacetan.

Rencana pembangunan itu sudah disetujui oleh Saiful Illah Bupati Sidoarjo. Sekarang tinggal pihak dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk memberikan ijin atau tidak. Saiful Illah Bupati Sidoarjo memutuskan meminta semua SKPD agar mempermudah masalah pengurusan izin untuk pembangunan jalan tol.


Waskita Investasi di Tol Legundi-Bunder Rp 4,3 T

PT Waskita Karya Tbk memprakarsai investasi proyek jalan tol Legundi-Bunder sebesar Rp 4,3 triliun. Melalui anak perusahaannya, Waskita Toll Road, pihaknya menargetkan pembangunan proyek dimulai pada 2015.

Rencana realisasi proyek jalan sepanjang 30 kilometer itu, kata Haris, telah disetujui oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Proyek jalan tol itu menghubungkan Krian dengan Teluk Lamong, Tanjung Perak. Jalan terbentang dari Legundi, Krian; sampai Bunder, Gresik. Pembebasan lahan yang biasanya menjadi kendala akan disiasati dengan memotong beberapa wilayah, sehingga jalur jalan tol ini jadi lebih pendek.


Jawa Timur Segera Bangun Tol Legundi Bunder

Untuk memperlancar arus barang di Jawa Timur serta memecah kepadatan jalan tol di tengah kota Surabaya. Menteri BUMN menginstruksikan agar dibangun tol dari Krian menuju Bunder. Dengan adanya tol ini, diharapkan arus transportasi barang dari dan menuju pelabuhan Tanjung Perak tidak lagi menggangu arus tol dalam kota. Sehingga dapat memperlancar arus transportasi dan mendukung arus barang di Jawa Timur.

Saat ini proyek pemecah kepadatan jalan tol di dalam kota Surabaya masih dalam proses tender yang dilakukan oleh badan pengatur jalan tol. Untuk pengerjaan jalan tol sepanjang 30 kilo meter ini, PT Waskita Karya Tbk akan menginvestasikan dana sampai dengan Rp 4,3 triliun.

Guna mendukung transportasi barang dari dan menuju pelabuhan Tanjung Perak, nantinya akan dibuat jalan memotong di wilayah-wilayah tertentu yang difungsikan agar bisa memperpendek jalur.

Dengan pembangunan ini dapat membuat biaya angkut barang tidak terlalu mahal serta dari sisi pembebasan lahan yang selama ini selalu menjadi kendala pembangunan infrastruktur bisa lebih ditekan.


Sumber :
http://m.suarasurabaya.net/kelanakota/detail.php?id=80hqv4m3lifrtnt956r6ibcgs12015148794
http://surabayanews.co.id/2014/08/26/3897/jawa-timur-akan-segera-bangun-tol-legundi-bunder.html
http://www.tempo.co/read/news/2014/08/20/090601062/Waskita-Investasi-di-Tol-Legundi-Bunder-Rp-43-T

No comments:

Post a Comment

Related Posts