Wednesday, April 1, 2015

KRD Bojonegoro - Sidoarjo


Kereta api Surabaya-Bojonegoro atau dikenal sebagai KRD Bojonegoro merupakan kereta api ekonomi lokal di jalur Bojonegoro - Surabaya Pasar Turi.

Mulai tanggal 1 April 2015, kereta api ini akan diperpanjang trayeknya hingga ke Stasiun Sidoarjo. Kereta api ini menjadi kereta api ke-2 yang melewati shortcut Surabaya Pasar Turi-Surabaya Gubeng setelah Kereta api Jayabaya.

Jalur baru kereta Bojonegoro-Surabaya-Sidoarjo resmi dibuka pada Rabu, 1 April 2015, sedangkan kereta api yang melayani jenis ekonomi juga dikenai tarif yang relatif murah meriah.

Jalur Bojonegoro-Surabaya-Sidoarjo dilayani Kereta Rel Diesel (KRD) yang selama ini memang banyak digunakan untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah, termasuk pedagang, pegawai, hingga mahasiswa. KRD juga akan singgah di Stasiun Babat, Lamongan, dan Kandangan, Gresik.

Tarif yang dikenakan PT Kereta Api Indonesia untuk rute Bojonegoro-Surabaya Rp 5.000 per orang, sedangkan untuk Bojonegoro-Sidoarjo tarifnya sebesar Rp 10.000 per orang.

Dibukanya jalur baru KRD Bojonegoro-Sidoarjo itu mendapat sambutan positif masyarakat. Apalagi jalur ini bisa banyak mengakomodir layanan untuk masyarakat di Bojonegoro, terutama untuk arah Surabaya bagian selatan, Sidoarjo, dan Malang.

Data di Stasiun Besar Kereta Api Bojonegoro menyebutkan KRD rute Bojonegoro-Surabaya-Sidoarjo membawa empat gerbong. Satu gerbong masing-masing berkapasitas 106 orang atau sekitar 424 penumpang sekali jalan. Untuk sementara jalur Bojonegoro-Sidoarjo hanya jalan satu kali, yaitu pukul 13.30 WIB.

Perpanjangan rute ini dilakukan dengan melihat animo masyarakat yang menggunakan kereta ini. Cukup banyak warga Sidoarjo yang menggunakan kereta ini. Dengan perpanjangan rute ini, warga Sidoarjo tidak perlu datang ke Stasiun Surabaya untuk naik kereta ini.

KA ekonomi ini tetap murah karena masih mendapatkan subsidi. Tiket jurusan Sidoarjo–Surabaya dan Surabaya – Bojonegoro adalah Rp 5 ribu sementara tiket Sidoarjo–Bojonegoro adalah Rp 10 ribu.

Dalam sehari, KA ini berangkat dari Stasiun Sidoarjo 2 kali, dengan rincian 1 kali dengan tujuan sampai Bojonegoro dan 1 kali berakhir di Surabaya Pasar Turi.

KA ini berkapasitas 420 tempat duduk dan sesuai aturan, untuk KA lokal berkapasitas 150 % dari jumlah tempat duduk.

Keputusan memperpanjang rute ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kami melihat tingkat okupansi kereta api tujuan Surabaya selalu penuh, oleh karena itu kami memutuskan untuk memperpanjang rute tersebut untuk memuat lebih banyak penumpang.


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Surabaya-Bojonegoro
http://www.tempo.co/read/news/2015/04/01/058654539/Jalur-Kereta-Bojonegoro-Sidoardjo-Dibuka-Hari-Ini
http://surabaya.tribunnews.com/2015/03/30/asyik-naik-sepur-dari-sidoarjo-sampai-bojonegoro-cuma-rp-10000
http://news.detik.com/surabaya/read/2015/03/31/132252/2874685/475/rute-ka-ekonomi-surabaya-bojonegoro-diperpanjang-hingga-sidoarjo

No comments:

Post a Comment

Related Posts